Social Icons

Pages

Sunday 13 January 2013

KONSEP TUHAN DALAM AGAMA HINDU



Agama Hindu biasanya dilihat sebagai agama politeisme. 
Malah, 
Pengikut agama Hindu akan membuktikan kenyataan ini, 
mereka percaya kepada kewujudan pelbagai Tuhan.
Walau bagaimana pun sesetengah orang Hindu percaya dalam kewujudan tiga tuhan,
ada orang yang beriman kepada beribu-ribu tuhan,
dan beberapa orang lain percaya kepada 330 juta tuhan.

Walau bagaimanapun,
seorang penganut agama Hindu,
yang mahir dalam kitab-kitab agama mereka,
tetap akan menegaskan bahawa seorang Hindu harus percaya dan menyembah kepada hanya satu Tuhan.

Konsep Tuhan mengikut Kitab-kitab Hindu:
Kita hanya boleh memahami konsep Tuhan dalam agama Hindu dengan menganalisis kitab-kitab agama Hindu.

Bhagavad Gita
Kitab yang paling popular daripada semua kitab-kitab Hindu adalah Bhagavad Gita.
Pertimbangkan ayat berikut dari Gita:

“Mereka yang akalnya di pesong oleh nafsu dunia menyerahkan diri mereka kepada Dewa palsu dan ikut kaedah-kaedah tertentu dan peraturan ibadat mengikut sifat mereka sendiri.”
[Bhagavad Gita 7:20]

Bhagavad Gita menyatakan bahawa hanya orang-orang yang mengikut nafsu hati mereka akan menyembah Dewa palsu iaitu ‘Tuhan-tuhan’ selain Tuhan yang Esa.
Upanishad:
Upanishad adalah kitab suci kepada penganut agama Hindu.
Ayat-ayat berikut daripada Upanishad merujuk kepada Konsep Tuhan:

“Ekam evadvitiyam”
“Dia hanyalah satu tanpa yang kedua.”
[Chandogya Upanishad 06:02:01] 1

“Na casya kascij janita cadhipah na.”
“Dia tidak ada ibu bapa atau tuan.”
[Svetasvatara Upanishad 6:09] 2

“Na Tasya pratima Asti”
“Tidak ada yang sama denganNya.”
[Svetasvatara Upanishad 4:19] 3

Ayat-ayat berikut dari Upanishad melarang manusia daripada membayangkan Tuhan dalam rupa bentuk yang tertentu:

“Na samdrse tisthati rupam asya,
na caksusa pasyati Kas canainam.”

“Rupanya tidak untuk dilihat;
tiada siapa yang pernah melihat Tuhan dengan matanya.” [Svetasvatara Upanishad 4:20] 4

Rujukan
1[The Principal Upanishad by S. Radhakrishnan page 447 and 448]
[Sacred Books of the East, volume 1 ‘The Upanishads part I’ page 93]
2[The Principal Upanishad by S. Radhakrishnan page 745]
[Sacred Books of the East, volume 15, ‘The Upanishads part II’ page 263.]
3[The Principal Upanishad by S. Radhakrishnan page 736 & 737]
[Sacred Books of the East, volume 15, ‘The Upanishads part II’ page no 253]
4[The Principal Upanishad by S. Radhakrishnan page 737]
[Sacred Books of the East, volume 15, ‘The Upanishads part II’ page no 253]

Kitab Veda
Veda diterima sebagai kitab yang paling suci dari segala kitab-kitab agama Hindu. Terdapat empat Veda besar:
Rigveda, Yajurveda, Samveda dan Atharvaveda.

Yajurveda
Ayat-ayat berikut dari Yajurveda menyatakan konsep Tuhan yang sama:

“Na Tasya pratima Asti
“Tidak ada Rupa untukNya.”
[Yajurveda 32:3] 5

“Shudhama poapvidham”
“Dia tanpa badan dan Dia Suci.”
[Yajurveda 40:8] 6

“Andhatama pravishanti kamu asambhuti mupaste”
“Mereka yang menyembah elemen alam
(Udara, Air, Api, dan sebagainya) ; memasuki kegelapan,”.

“Terbenam dalam kegelapan yang lebih mendalam,
sesiapa yang menyembah sambhuti.”
[Yajurveda 40:9] 7

Sambhuti bermaksud ciptaan, contohnya:
kerusi,meja,patung, berhala, dan sebagainya.
Doa berikut terkandung dalam Yajurveda:
“Tunjuklah kami jalan yang benar, buanglah dosa-doa yang membuat kita sesat dan menyimpang.”
[Yajurveda 40:16] 8


Rujukan
5 [Yajurveda oleh Devi Chand M.A. halaman 377]
6 [Yajurveda Samhita oleh Ralph T. H. Giffith halaman 538]
7 [Yajurveda Samhita oleh Ralph T. H. Giffith halaman 538]
8 [Yajurveda Samhita oleh Ralph T. H. Griffith halaman 541]


Atharvaveda
Atharvaveda memuji Tuhan di dalam Kitab 20,
Lagu 58 dan ayat 3: “Dev maha OSI”
“Sesungguhnya Tuhan Maha besar”
[Atharvaveda 20:58:03] 9

Rigveda
Kitab yang tertua daripada semua veda adalah Rigveda.
Ia juga dianggap paling suci oleh penganut Hindu.
Rigveda menyatakan dalam Buku 1, lagu 164 dan ayat 46:

“Rishi ( Guru yang berpengetahuan) memanggil satu Tuhan dengan pelbagai nama.”
[Rigveda 1:164:46]

Rigveda memberikan pelbagai gambaran yang berbeza kepada Tuhan yang maha esa.
Kebanyakan disebut dalam Rigveda Buku 2 lagu 1.

Antara ciri-ciri Tuhan,
salah satu daripada sifat-sifat yang indah disebut dalam Rigveda Buku II bertasbih ayat 1 3, ialah Brahma.

Brahma bermaksud ‘Pencipta’.
apabila Diterjemahkan ke dalam bahasa Arab ia digelar Khaaliq. Umat Islam tidak mempunyai sebarang halangan jika Tuhan digelar Khaaliq atau ‘Pencipta’ atau Brahma.
Namun jika dikatakan bahawa Brahma adalah Tuhan yang Maha Kuasa yang mempunyai empat kepala dengan kepala masing-masing mempunyai mahkota,
umat Islam akan menentang sekeras keras kepadanya.

Menyifatkan Tuhan dalam bentuk manusia juga bertentangan dengan ayat berikut Yajurveda:
“Na Tasya Pratima Asti”
“Tidak ada rupa-Nya.”
[Yajurveda 32:3]

Satu lagi sifat Tuhan yang indah disebut dalam Rigveda Buku II bertasbih ayat 1 3 adalah Vishnu.
Vishnu bermaksud ‘Yang memelihara’.
Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Arab ia digelar Rabb.
Sekali lagi, umat Islam tidak ada bantahan jika Tuhan yag Maha berKuasa digelar sebagai Rabb atau ‘Pemelihara’ atau Vishnu. Tetapi imej popular dari 9 [Atharveda Samhita vol 2 William Dwight Whitney halaman 910]
Menggambarkan Vishnu yang di percayai penganut agama Hindu, sebagai Tuhan yang mempunyai empat tangan,
dengan salah satu tangan kanan memegang chakra,
Seperti : Cakera dan salah satu daripada lengan kiri memegang ‘siput shell yang besar’, atau menunggang burung atau berbaring di sofa ular.
Islam tidak boleh menerima apa-apa imej Tuhan.
Seperti yang disebutkan tadi ini juga bertentangan dengan Svetasvatara Upanishad Bab ayat 4 19.

“Na Tasya pratima Asti”
“Tidak ada persamaan dengan-Nya”

Ayat berikut dari Buku Rigveda 8,
bertasbih 1, ayat 1 merujuk kepada Perpaduan dan keagungan Wujud yang Tertinggi :

“Ma cid anyad vi sansata sakhayo ma rishanyata”
“Wahai kawan-kawan,
jangan menyembah sesiapa melainkan Dia,
Yang Maha Suci.
Segala pujian bagi-Nya.”
[Rigveda 08:01:01] 10

“Devasya samituk parishtutih”
“Sesungguhnya, amat besar kemuliaan Maha Pencipta.”
[Rigveda 5:1:81] 11

Brahma Sutra:
Brahma Sutra Agama Hindu ialah:
“Ekam Brahm, dvitiya naste neh na naste kinchan”
“Tuhan hanya satu, bukan dua;
tidak sama sekali, tidak sama sekali, tidak ada langsung.”

Oleh itu hanya kajian yang betul terhadap kitab agama Hindu boleh membantu seseorang memahami konsep Tuhan dalam agama Hindu.

Rujukan
10 [Rigveda Samhita vol. 9, halaman 2810 dan 2811 oleh Swami satya Prakash Saraswati dan Satyakam Vidyalankar]

11 [Rigveda Samhita vol. 6,
muka surat 1802 dan 1803 oleh Swami satya Prakash Saraswati dan Satyakam Vidyalankar]


Oleh Dr. Zakir Naik

30 comments:

  1. Zakir Naik hanya tahu Hinduism di permukaan.Ia tdk memahami bhw Hinduism bukan agama text book, melainkan dihidupkan oleh perjalanan budaya pemeluknya yg penuh dengan ekspresi & simbol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memangnya nenek moyang Anda yg pertama kali membuat "budaya" tersebut mendapat perintah dari Tuhan atau dari kitab atau inisiatif sendiri? jika kita tidak berpegang pada kitab atau "textbook" yg Anda bilang, lalu untuk apa kitab itu ada? apakah kitab hanya sebagai pajangan? lalu jika kitab disamakan dgn UUD, untuk apa UUD ada? apakah juga untuk pajangan? 😆

      Delete
    2. memangnya nenek moyang Anda yg pertama kali membuat "budaya" tersebut mendapat perintah dari Tuhan atau dari kitab atau inisiatif sendiri? jika kita tidak berpegang pada kitab atau "textbook" yg Anda bilang, lalu untuk apa kitab itu ada? apakah kitab hanya sebagai pajangan? lalu jika kitab disamakan dgn UUD, untuk apa UUD ada? apakah juga untuk pajangan? 😆

      Delete
    3. Jika ingin menilai suatu agama, lihatlah kitabnya, bukan orangnya..

      Makanya kan disebut kitab suci, katanya firman tuhan,.

      Delete
    4. Himechan budaya lebih dulu ada dripada agama...goblokk...agama itu dlm kobteks sebuah bangsa sejalan...belum tentu agama yg sm dijalankan dg budaya yg sama pula bisa berbeda tergantung suku klan atau bangsanya..

      Delete
  2. Jadi menurut anda Hindu itu agama yang berasal dari budaya atau dari Tuhan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hindu bkn agama,hindu itu bangsa😂sesiapa yg lahir di india digelar hindi/hindu

      Delete
    2. Hindu itu nama populer goblok al hind baru nama bangsa itu sebutan orang arab utk bangsa india dan persia sebut hindu krn gk bisa lafal s. Otak dipake sejarah kok fakir

      Delete
    3. Agama arab kok gkndamai suka orang..nabi kena racun laginha..ha..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya semua tergantung penganut nya kalau mau membuka hati bahwa dikitab mereka tuhan itu satu tetapi punya nama lebih dari satu seperti Allah SWT yang punya nama 99

    ReplyDelete
  5. perbahasan tentang sifat adil tuhan.
    umat Hindu tidak dapat melihat tuhan itu telah sempurna dalam sifat keadilannya kerana ia mencipta manusia berlainan warna kulit Dan rambut.
    tetapi adalah tanggung jawab Dan kewajipan umat Hindu mengungungi tentang kebenaran tuhan dalam sifat adilnya.
    Dari perbahasan tersebut maka sami-sami Hindu berpendapat bahawa tuhan adalah pemikir iaitu yang sentiasa berkehendak pada sesuatu yang baharu Dan yang berkelainan, Dan artinya kebanyakan masyarakat Hindu India yang berkulit hitam dijadikan dengan kulit hitam dengan sebab memanfaatkan warna-warni ciptaan tuhan sahaja Dan bukan untuk dijadikan alat bagi menanggung dosa mewakili jiwa-jiwa Dan manusia yang berdosa.

    Buktinya lihat kitab hindu.
    Shvetashatara upanishad (CH) halaman 6 ayat 9.

    Bahawa tuhan itu tidak punya ibu Dan bapa,dia tidak punya tuan Dan perlindung.

    Tafsirnya:
    Bahawa tuhan itu bukan dimiliki oleh mana-mana agama atau penulis-penulis kitab kerana tuhan tidak memiliki tuan,apatah lagi tuan-tuan yang berkehendak tuhan patuhi mereka supaya tuhan menzalimi atau merendahkan kedudukan masyarakat berkulit hitam,khususnya masyarakat Hindu Dan India kebanyakannya, sedangkan menerima sifat kegelapan sebagai rahmat berupa warna-warni ciptaan tuhan itu lebih baik Dari mengatakan tuhan belum sempurna pada sifat adilnya,kerana sesungguhnya tuhan maha berkuasa lagi maha bijaksana.
    Tuhan juga tidak memiliki perlindung bagi arti tuhan tidak berlindung pada kitab-kitab tulisan manusia Dari agama yang berbeda mahupun yang seugama,tuhan tidak berlindung pada mahluk bagi arti tuhan tidak butuh pertunjuk Dan hidayah Dari manusia bahkan tuhanlah yang memberi pertunjuk hidayah kepada manusia kerana tuhanlah yang maha bijaksana lagi maha pemurah khususnya terhadap mahluk yang beriman Dan beribadah kepadanya.

    Lihat firman tuhan.

    Devasya samituk parishtutih”
    “Sesungguhnya, amat besar kemuliaan Maha Pencipta.”
    [Rigveda 5:1:81] 11

    Tafsir:
    Kemuliaan maha pencipta yang besar adalah termasuk nikmat warna-warni yang diciptakan untuk dimanfaatkan,khususnya warna kegelapan hitam.
    Dari perkara tersebut kebanyakan Sami Hindu mentafsirkan firman tuhan dibawah tidak bermaksud penindasan atau kezaliman keatas masyarakat Hindu yang berkulit hitam, kerana hakikatnya tuhan tidak menyebut tentang kewajipan umat Hindu membakar mayat manusia hingga menjadi abu,melainkan Firman itu sekadar kiasan yang boleh ditafsirkan mengikut kesesuai dengan kesucian tuhan.

    Lihat firman tuhan dibawah:

    ayat yajurveda halaman 107 ayat 40-15.
    Manusia badanmu yang dibuat oleh pancamatabutha akhirnya menjadi Abu,Dan atmanya akan mendapat moksa.
    Oleh itu ingatlah nama tuhan iaitu aum,ingatlah nama tuhan aum Dan ingatlah perbuatanmu.

    Tafsir:
    Kata-kata pembina tamadun diri dengan izin tuhan, disampaikan oleh sivatuba.

    Lihatlah alam tuhan,ia dengan kuasanya menjadikan pokok warna warni, ada yg biru putih hitam Dan merah, tetapi tidak harus bagi mereka menghinakan warna hitam, atau meletakkan kehitaman sebagai kebinasaan.
    Demikian itulah orang-orang yang sesat kerana mereka hanya menurut sangkaan semata-mata sedangkan tuhan belum memberi bukti tentang perkara yang mereka perselisihkan itu.

    (Perdebatan)
    Tafsir:
    Menurut pendapat sivatoba ahli tafsir kata2 tuhan dalam kitab-kitab Hindu,firman tuhan yang berbunyi "pancamatabhuta akhirnya menjadi abu" ditafsirkan sebagai kiasan tuhan bagi arti tiap-tiap pancaindera,tubuhnya akan mati Dan menjadi debu-debu tanah demi keadilan tuhan yang dituntut,maka tuntutlah untuk bangkit hidup semula didalam kehidupan yang lebih baik Dan berkekalan.

    Sesetengah mazhab aliran lain pula berpendapat "pancamatabhuta akhirnya menjadi abu" adalah kiasan tuhan bagi maksud manusia apabila mati,haruslah mayatnya dibakar menjadi Abu.
    Bagaimanapun kedua pendapat diatas ini adalah sekadar perbezaan pendapat sahaja didalam dua mazhab yang berbaza terhadap firman tuhan didalam kitab Hindu tersebut.

    Dibahaskan oleh:
    Wan azizi abd manaf wan ismail@shivatuba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbahasan tentang sifat adil tuhan.
      umat Hindu tidak dapat melihat tuhan itu telah sempurna dalam sifat keadilannya kerana ia mencipta manusia berlainan warna kulit Dan rambut.
      tetapi adalah tanggung jawab Dan kewajipan umat Hindu mengungungi tentang kebenaran tuhan dalam sifat adilnya.
      Dari perbahasan tersebut maka sami-sami Hindu berpendapat bahawa tuhan adalah pemikir iaitu yang sentiasa berkehendak pada sesuatu yang baharu Dan yang berkelainan, Dan artinya kebanyakan masyarakat Hindu India yang berkulit hitam dijadikan dengan kulit hitam dengan sebab memanfaatkan warna-warni ciptaan tuhan sahaja Dan bukan untuk dijadikan alat bagi menanggung dosa mewakili jiwa-jiwa Dan manusia yang berdosa.

      Buktinya lihat kitab hindu.
      Shvetashatara upanishad (CH) halaman 6 ayat 9.

      Bahawa tuhan itu tidak punya ibu Dan bapa,dia tidak punya tuan Dan perlindung.

      Tafsirnya:
      Bahawa tuhan itu bukan dimiliki oleh mana-mana agama atau penulis-penulis kitab kerana tuhan tidak memiliki tuan,apatah lagi tuan-tuan yang berkehendak tuhan patuhi mereka supaya tuhan menzalimi atau merendahkan kedudukan masyarakat berkulit hitam,khususnya masyarakat Hindu Dan India kebanyakannya, sedangkan menerima sifat kegelapan sebagai rahmat berupa warna-warni ciptaan tuhan itu lebih baik Dari mengatakan tuhan belum sempurna pada sifat adilnya,kerana sesungguhnya tuhan maha berkuasa lagi maha bijaksana.
      Tuhan juga tidak memiliki perlindung bagi arti tuhan tidak berlindung pada kitab-kitab tulisan manusia Dari agama yang berbeda mahupun yang seugama,tuhan tidak berlindung pada mahluk bagi arti tuhan tidak butuh pertunjuk Dan hidayah Dari manusia bahkan tuhanlah yang memberi pertunjuk hidayah kepada manusia kerana tuhanlah yang maha bijaksana lagi maha pemurah khususnya terhadap mahluk yang beriman Dan beribadah kepadanya.

      Lihat firman tuhan.

      Devasya samituk parishtutih”
      “Sesungguhnya, amat besar kemuliaan Maha Pencipta.”
      [Rigveda 5:1:81] 11

      Tafsir:
      Kemuliaan maha pencipta yang besar adalah termasuk nikmat warna-warni yang diciptakan untuk dimanfaatkan,khususnya warna kegelapan hitam.
      Dari perkara tersebut kebanyakan Sami Hindu mentafsirkan firman tuhan dibawah tidak bermaksud penindasan atau kezaliman keatas masyarakat Hindu yang berkulit hitam, kerana hakikatnya tuhan tidak menyebut tentang kewajipan umat Hindu membakar mayat manusia hingga menjadi abu,melainkan Firman itu sekadar kiasan yang boleh ditafsirkan mengikut kesesuai dengan kesucian tuhan.

      Lihat firman tuhan dibawah:

      ayat yajurveda halaman 107 ayat 40-15.
      Manusia badanmu yang dibuat oleh pancamatabutha akhirnya menjadi Abu,Dan atmanya akan mendapat moksa.
      Oleh itu ingatlah nama tuhan iaitu aum,ingatlah nama tuhan aum Dan ingatlah perbuatanmu.

      Tafsir:
      Kata-kata pembina tamadun diri dengan izin tuhan, disampaikan oleh sivatuba.

      Lihatlah alam tuhan,ia dengan kuasanya menjadikan pokok warna warni, ada yg biru putih hitam Dan merah, tetapi tidak harus bagi mereka menghinakan warna hitam, atau meletakkan kehitaman sebagai kebinasaan.
      Demikian itulah orang-orang yang sesat kerana mereka hanya menurut sangkaan semata-mata sedangkan tuhan belum memberi bukti tentang perkara yang mereka perselisihkan itu.

      (Perdebatan)
      Tafsir:
      Menurut pendapat sivatoba ahli tafsir kata2 tuhan dalam kitab-kitab Hindu,firman tuhan yang berbunyi "pancamatabhuta akhirnya menjadi abu" ditafsirkan sebagai kiasan tuhan bagi arti tiap-tiap pancaindera,tubuhnya akan mati Dan menjadi debu-debu tanah demi keadilan tuhan yang dituntut,maka tuntutlah untuk bangkit hidup semula didalam kehidupan yang lebih baik Dan berkekalan.

      Sesetengah mazhab aliran lain pula berpendapat "pancamatabhuta akhirnya menjadi abu" adalah kiasan tuhan bagi maksud manusia apabila mati,haruslah mayatnya dibakar menjadi Abu.
      Bagaimanapun kedua pendapat diatas ini adalah sekadar perbezaan pendapat sahaja didalam dua mazhab yang berbaza terhadap firman tuhan didalam kitab Hindu tersebut.

      Delete
  6. Sedikit pengetahuan membuat seseoang menjadi atheis, pengetahuan lebih mendalam membuat seseorang beriman kepada Tuhan

    ReplyDelete
  7. Jadi kenapa umatnya tidak mematuhi kitabnya..
    Malah jauh dri kitabnya

    ReplyDelete
  8. mantap semoga ummat hindu konsisten mengikuti ajaran kitab suci mereka bahwa Tuhan itu satu dan tidak berbentuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn sok tau buka situs kemenag dlm hindu

      Delete
    2. Masing-masing umat beragama pada hakikatnya mempunyai tujuan yang sama, namun cara dan tata pelaksanaannya yang berbeda. Tujuan agama Hindu adalah untuk mencapai Moksartham Jagadhitaya Ca Iti Dharma. Artinya, dharma itu ialah alat untuk mencapai moksa dan mencapai kesejahteraan hidup di dunia. Moksa adalah kebebasan jiwatman, mengalami kebahagiaan rokhani yang langgeng, yaitu kebahagiaan tanpa kedukaan (suka tanpa wali duhka).

      Untuk mewujudkan tujuan tersebut, tidaklah cukup memahami ajarannya saja, melainkan harus dilembagakan secara utuh, mulai dari adanya pengetahuan terhadap ajaran agama, kemudian diikuti dengan proses pemahaman dan pentaatan, serta mencapai puncaknya pada proses penghargaan serta penjiwaan, penerapan terhadap ajaran agama itu pada kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, ajaran agama yang bersifat normatif itu tidak hanya sebatas wacana, tapi membumi dan membudaya dalam kehidupan masyarakat, bahkan dirasakan sebagai sesuatu yang menyatu dalam kehidupan.

      Untuk mencapai tujuan agama Hindu maka yang dijadikan sebagai rujukan adalah kitab suci Weda. Weda diyakini oleh umat Hindu sebagai ajaran yang Sanatana Dharma – kebenaran yang kekal dan abadi. Ajaran Weda dalam praktik keagamaan di Indonesia diterapkan dan dibangun dalam tiga kerangka dasar yaitu: tattwa, susila dan acara. Ketiganya merupakan bagian yang integral yang tidak terpisahkan. Ketiganya mendasari tindak keagamaan umat Hindu.

      Delete
    3. Tattwa berdasarkan ajaran Hindu berarti kebenaran yang sejati dan hakiki serta didefinisikan sebagai dasar keyakinan. Sebagai dasar keyakinan Hindu, Tattwa mencakup lima hal yang disebut Panca Sradha (Widhi Tattwa atau Brahman, Atma Tattwa, Karmaphala Tattwa, Punarbhawa Tattwa, Moksa Tattwa).

      Widhi Tattwa adalah keyakinan tentang Brahman/Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Pencipta, Maha Pemelihara dan Pemrelina. Konsepsi ketuhanan dalam agama Hindu disebutkan dalam untaian kata yang begitu mengagumkan “Ekam Evam Sadviprah Bahuda Wadhanti” (hanya ada satu Tuhan, hanya orang bijaksana menyebut dengan banyak nama).

      Dalam ajaran Hindu, ada dua konsepsi ketuhanan. Pertama, ajaran ketuhanan manistis absolute, yang disebut dengan Nirguna Brahman. Yaitu, Tuhan yang tidak termanifestasikan, kosong, tidak berwujud, tidak dapat dicapai dengan akal pikiran dan panca indra, tanpa pribadi dan hanya dapat dicapai dengan keyakinan yang dalam Bahasa Sanskerta disebut Acintyarùpa yang artinya: tidak berwujud dalam alam pikiran manusia (Monier, 1993: 9). Dalam bahasa Jawa Kuno dinyatakan: “Tan Kagrahita dening manah mwang indriya” (tidak terjangkau oleh akal dan indriya manusia).

      Kedua, disebut dengan Saguna Brahman. Yaitu, Tuhan dalam manifestasinya. Dia berwujud, memiliki aspek, atribut, dan sifat. Pada aspek ini Tuhan Ida Sang Hyang Widhi dihadirkan dalam berbagai manifestasi / prabawa yang lazim disebut Ista Dewata. Artinya, Dewata yang diingini hadir pada waktu pemuja memuja-Nya. Ista Dewata adalah perwujudan Ida Sang Hyang Widhi dalam berbagai wujud-Nya, seperti Brahma, Wisnu, Iswara, Saraswati, Gana, dan sebagainya.https://kemenag.go.id/read/ista-dewata-dalam-siwa-tattwa-01nwg

      Delete
  9. Kalau udah baca Weda, atau bible, lanjutkan baca alquran agar tambah ➕ pintar.langsung baca sendiri, kesampingkan dulu apa kata orang lain semisal pendeta, ustat atau apapun itu. Kalian harus membaca sendiri.

    ReplyDelete
  10. Aku tidak pernah iri dan selalu bersikap adil terhadap semua makhluk.

    Bagi-Ku tidak ada yang paling Ku-benci dan tidak ada yang paling Aku kasihi.

    Tetapi yang berbakti kepada-Ku, dia berada pada-Ku dan Aku bersamanya pula

    Bhagawadgita, IX:29

    kamib tidak pernah di ajarkan untuk membenci. tidak pernah memaksakan kehendak, kami tidak terikat denga dogma-dogma, kami selalu mencari dan mencari, apa yg kalin ketahui di kitab kalian itu ada hal yg kecil, dan banyak hal yg lain yg kalian tidak ketahui.

    ReplyDelete
  11. Namun jika dikaji lebih mendalam, ketiga sosok itu sesungguhnya tetap satu. Tiga nama besar Tuhan (Trimurti) tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Bahkan, metodologi Hinduisme menyatukan yang banyak dapat digunakan para penganut agama dan kepercayaan lain untuk memahami dan menjelaskan konsep keesaan Tuhan yang sejati. Pengalaman mencari Tuhan bagi umat Hindu jauh lebih panjang dari pada penganut agama-agama besar dunia lainnya.

    Bagi orang yang mendalami tasawuf dan teosofi, seperti karya-karya Ibn Arabi dan Shadruddin Muhammad al-Syairazi yang lebih dikenal dengan Mulla Sadra, khususnya tentang falsafah wujud, mistisme Yahudi (Kabbalah), dan konsep Taoisme, akan lebih mudah memahami konsep ketuhanan dalam agama Hindu. Dalam agama Hindu, keesaan Tuhan juga dibedakan antara Brahmana Nirguna, yakni Tuhan yang sama sekali tidak punya atribut dan bentuk tertentu (nirupam) dan belum terpengaruh oleh apapun juga, termasuk kekuatan belenggu maya serta berkedudukan pada alam utama Satyaloka Yang Maha Sempurna (Paramasiwa). Sedangkan Brahma Saguna keberadaannya bersifat maya. Ia juga tidak memiliki wujud

    Dalam keyakinan penganut agama Hindu, manusia tidak mungkin melukis sifat-sifat Tuhan Yang Maha Esa, karena Ia merupakan perwujudan sepi, suci murni, kekal abadi, dan tanpa aktivitas. Apapun yang terlintas di dalam pikiran tentang Tuhan pasti itu bukan Tuhan. Konsep Keesaan Tuhan lebih bersifat apophatic daripada cataphatic. Inilah yang dimaksud konsep neti, neti (bukan, bukan) di dalam Tradisi Hindu India. Untuk memahami Keesaan Tuhan dalam agama Hindu, tak ada jalan lain kecuali terus mendalami ajaran agama dan memohon penjelasan para guru yang ahli di bidangnya yang mampu merealisasikan ajaran ketuhanan dalam kehidupan pribadinya. Mereka disarankan untuk mendalami sejumlah buku-buku agama Hindu, seperti kitab Veda, dengan bagian-bagiannya seperti kitab Vedanta (Upanisad), yang keduanya menjadi sumber paling otoritatif dalam mendalami kedalaman ajaran agama Hindu.

    Bagi orang yang taraf kognitif dan tingkat spiritualitasnya masih rendah atau pemula, mereka masih membutuhkan media dalam melakukan pemujaan. Mereka membutuhkan simbol untuk menghadirkan dirinya berupa arca (patung), relief, gambar, atau bentuk-bentuk fisik lainnya.

    Dalam melaksanakan upacara ritual keagamaan, mereka masih membutuhkan sarana upacaranya dalam bentuk persembahan dan sakrifasi, seperti buah-buahan, makanan, binatang, dan lain lain. Berbeda dengan orang-orang yang sudah sampai ke tingkat lebih tinggi, tidak perlu lagi memerlukan media apapun karena sudah biasa menghayati hakikat Tuhan (Brahma Nirguna) dan selanjutnya meleburkan dirinya menjadi diri-Nya. Ia sudah mencapai apa yang disebut dengan moksa, sebuah pembebasan diri dari berbagai kemelekatan materi dan duniawi. Mirip apa yang dialami praktisi sufi jika sudah mencapai tingkat fana dan baqa.

    Dalam teologi agama Hindu dikenal juga banyak aliran, seperti halnya dalam agama-agama lain, termasuk agama Islam. Dari mazhab sangat konservatif sampai kepada mazhab yang sangat rasional, bahkan ada mazhab yang dalam Islam sudah disebut kafir, tetapi masih diakomodasi sebagai bagian dari kepercayaan agama Hindu. Misalnya mazhab atau aliran Samkhya dan Mimamsa yang menyatakan keberadaan Tuhan (Iswara) tidak dapat dibuktikan, sehingga keberadaan-Nya tidak bisa diakui. Dalam doktrin Samkhya ditegaskan Tuhan yang abadi tidak mungkin jadi sumber bagi alam dan dunia yang selalu berubah.

    Tentang ajaran keesaan Tuhan, ada dua mazhab yang dominan dalam agama Hindu, yaitu Mazhab Dwaita (Dvita) dan mazhab Adwaita (Adwita). Yang pertama mengakui adanya dualitas Tuhan (the duality of God), yakni mengakui adanya personal God (Brahma Nirguna). Mereka mengakui dan memuja Tuhan dengan berbagai nama, seperti Wisnu, Siwa, Dewi, Dewata, Batara, dan lain-lain. Sedangkan yang kedua menolak dualitas ketuhanan (the duality of God) dengan menegaskan bahwa hakikatnya Brahman tidak memiliki bagian atau atribut.






    ReplyDelete
  12. Meskipun disebut tiga nama, Tuhan di dalam agama Hindu diyakini tetap Esa, yang di dalam kitab Upanisad disebut: Ekam evam adwityam Brahma (Hanya satu Tuhan, tidak ada yang kedua). Tuhan Yang Maha Esa itu disebut berbagai nama atau abhiseka.

    Tuhan dalam agama Hindu disebut dengan ribuan nama. Brahma Sahasranama (seribu nama Brahma), Wisnu Sahasranama (seribu nama Wisnu), Siwa Sahasranama (seribu nama Siwa), dan sebagainya. Satu wujud yang memiliki banyak nama mengingatkan kita pada konsep al-Asma  al-Husna dalam agama Islam.

    ReplyDelete
  13. Masing-masing umat beragama pada hakikatnya mempunyai tujuan yang sama, namun cara dan tata pelaksanaannya yang berbeda. Tujuan agama Hindu adalah untuk mencapai Moksartham Jagadhitaya Ca Iti Dharma. Artinya, dharma itu ialah alat untuk mencapai moksa dan mencapai kesejahteraan hidup di dunia. Moksa adalah kebebasan jiwatman, mengalami kebahagiaan rokhani yang langgeng, yaitu kebahagiaan tanpa kedukaan (suka tanpa wali duhka).

    Untuk mewujudkan tujuan tersebut, tidaklah cukup memahami ajarannya saja, melainkan harus dilembagakan secara utuh, mulai dari adanya pengetahuan terhadap ajaran agama, kemudian diikuti dengan proses pemahaman dan pentaatan, serta mencapai puncaknya pada proses penghargaan serta penjiwaan, penerapan terhadap ajaran agama itu pada kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, ajaran agama yang bersifat normatif itu tidak hanya sebatas wacana, tapi membumi dan membudaya dalam kehidupan masyarakat, bahkan dirasakan sebagai sesuatu yang menyatu dalam kehidupan.

    Untuk mencapai tujuan agama Hindu maka yang dijadikan sebagai rujukan adalah kitab suci Weda. Weda diyakini oleh umat Hindu sebagai ajaran yang Sanatana Dharma – kebenaran yang kekal dan abadi. Ajaran Weda dalam praktik keagamaan di Indonesia diterapkan dan dibangun dalam tiga kerangka dasar yaitu: tattwa, susila dan acara. Ketiganya merupakan bagian yang integral yang tidak terpisahkan. Ketiganya mendasari tindak keagamaan umat Hindu.

    ReplyDelete
  14. Tattwa berdasarkan ajaran Hindu berarti kebenaran yang sejati dan hakiki serta didefinisikan sebagai dasar keyakinan. Sebagai dasar keyakinan Hindu, Tattwa mencakup lima hal yang disebut Panca Sradha (Widhi Tattwa atau Brahman, Atma Tattwa, Karmaphala Tattwa, Punarbhawa Tattwa, Moksa Tattwa).

    Widhi Tattwa adalah keyakinan tentang Brahman/Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Pencipta, Maha Pemelihara dan Pemrelina. Konsepsi ketuhanan dalam agama Hindu disebutkan dalam untaian kata yang begitu mengagumkan “Ekam Evam Sadviprah Bahuda Wadhanti” (hanya ada satu Tuhan, hanya orang bijaksana menyebut dengan banyak nama).

    Dalam ajaran Hindu, ada dua konsepsi ketuhanan. Pertama, ajaran ketuhanan manistis absolute, yang disebut dengan Nirguna Brahman. Yaitu, Tuhan yang tidak termanifestasikan, kosong, tidak berwujud, tidak dapat dicapai dengan akal pikiran dan panca indra, tanpa pribadi dan hanya dapat dicapai dengan keyakinan yang dalam Bahasa Sanskerta disebut Acintyarùpa yang artinya: tidak berwujud dalam alam pikiran manusia (Monier, 1993: 9). Dalam bahasa Jawa Kuno dinyatakan: “Tan Kagrahita dening manah mwang indriya” (tidak terjangkau oleh akal dan indriya manusia).

    Kedua, disebut dengan Saguna Brahman. Yaitu, Tuhan dalam manifestasinya. Dia berwujud, memiliki aspek, atribut, dan sifat. Pada aspek ini Tuhan Ida Sang Hyang Widhi dihadirkan dalam berbagai manifestasi / prabawa yang lazim disebut Ista Dewata. Artinya, Dewata yang diingini hadir pada waktu pemuja memuja-Nya. Ista Dewata adalah perwujudan Ida Sang Hyang Widhi dalam berbagai wujud-Nya, seperti Brahma, Wisnu, Iswara, Saraswati, Gana, dan sebagainya.https://kemenag.go.id/read/ista-dewata-dalam-siwa-tattwa-01nwg

    ReplyDelete
  15. Intinya disini orang orang pengikut zakir naik sama seperti zakir naik.

    TIDAK PAHAM TAPI SOK MEMBAHAS.

    Na tasya pratima asti , TUHAN BUKAN PRATIMA:.. pratima hanyalah alat bantu manusia. Pratima adalah untuk manusia bukan untuk tuhan.

    Disini sudah jelas , kenapa ZAKIR NAIK DAN PENGIKUTNYA MEMBUAT STRAWMAN : SEOLAH OLAH ORANG HINDU MEMUJA PATUNG SEBAGAI TUHAN.

    tuan tuan yang terhormat, zakir naik dan pengikutnya ... STRAWMAN adalah logical falacy ... dan dekat dengan fitnah .

    Orang Hindu , membuat PRATIMA bukan membuat tuhan. Sebab pratima adalah PELINGGIH : DISEBUT "PELINGGIH" ADALAH Berasal dari LINGGIH artinya DUDUK jadi pelinggih/pratma artinya TEMPAT DUDUK ... sekarang anda tuan zakir dan pengikutnya yang keblinger mengerti tidak?

    Tempat duduk dan yang menduduki apakah sama? Tempat duduk presiden dengan presiden apakah sama? Tentunya berbeda bukan?

    Jadi jangan sok tahulah ... pahami dulu persoalan baru ngomong .

    PRATIMA BUKAN TUHAN Tapi Pratima adalah TEMPAT MEMUSATKAN KONSENTRASI, alat bantu bagi manusia yang terbatas untuk memahami yang takbterbatas yaitu TUHAN... bagi agama Hindu.

    YANG MENGIRA PRATIMA ADALAH TUHAN adalah ZAKIR NAIK dan pengikutnya yang bodoh .😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Apa artinya Yajurweda bab 32 ayat 3 "na tasya pratima Asti" ???
      Saya lebih merujuk Weda menjadi sumber pengetahuan, karena Tuhan maha adil, jadi Tuhan tidak berwujud, jika tuhan berwujud maka tuhan tidak adil bagi orang yang buta, mereka tidak bisa melihat keagungan Tuhan jika memang tuhan itu terwujud.

      Delete